Rabu, 29 Juni 2011

jaringan komputer


A.   APERBEDAAN DEDICATED ROUTER DENGAN PC ROUTER
B.   B.  KEPANJANGAN DNS DAN PENGERTIANNYA
C.  C.   JELASKAN DAN SEBUTKAN CONTOH KLASIFIKASI DOMAIN :
a.    GENERIC TOP LEVEL DOMAIN
b.    COUNTRY CODE TOP LEVEL DOMAIN
D.  D.  PENGERTIAN THREE WAY HANDSHAKE DALAM JARINGAN
E.   EYANG DIMAKSUD DENGAN CONNECTION LESS DAN CONNECTION ORIENTED
F.    F. PERBEDAAN UDP DAN TCP
G.   G. GAMBAR DAN JELASKAN PROSES PENGIRIMAN SEBUAH EMAIL

1.    PERBEDAAN DEDICATED ROUTER DENGAN PC ROUTER
PC Router adalah perangkat pengatur lalu lintas data antar segmen jaringan yang berbeda dengan memanfaatkan Personal Computer sebagai device atau alatnya. Dengan perkataan lain PC Router adalah PC yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi layaknya sebuah router yang mengatur lalu lintas data. Dengan penggunaan PC sebagai router jaringan, maka kita dapat memanfaatkan PC yang tidak perlu spesifikasi yang tinggi sebagai router sehingga kita dapat menekan biaya, dibandingkan dengan pembelian dedicated router yang digunakan sebagai router, selain harganya relatif mahal, juga maintenance terhadap jenis router ini cukup sulit.
Router dedicated adalah hardware yang mempunyai bentuk fisik hampir sama seperti HUB, Dedicated Router, yaitu perangkat jaringan yang memiliki fungsi sebagai router murni yang sudah didesain oleh vendornya masing – masing.

2.    KEPANJANGAN DNS DAN PENGERTIANNYA
A. Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.
Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:
  • Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address
    sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
  • Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
  • Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.
DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.
B. DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.
Para Pemain Inti

Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:
  • DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
  • Recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
  • Authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)

3.    JELASKAN DAN SEBUTKAN CONTOH KLASIFIKASI DOMAIN :
a.    GENERIC TOP LEVEL DOMAIN
b.    COUNTRY CODE TOP LEVEL DOMAIN
TLD (Top Level Domain) adalah tingkat atas dalam hirarki dari Domain Name System. Contoh Dalam “domain.com” “. Com” adalah Top Level Domain.

TLD pada umumnya sering disebut sebagai Namespace. Misalnya domain.info nama domain adalah bagian dari namespace info..Ada tiga jenis TLD.

1. Yang paling umum adalah gTLD’s (generic Top Level Domain/domain tingkat atas), seperti Com,. net,.. Org., Dan sekarang. Info. Siapapun berwenang untuk mendaftarkan nama domain dalam namespace TLD.
.com(dotcommercial).net(dotnetwork).org(dotorganization).edu(doteducation).gov(dotgoverment).mil(dotmilitary).info (dotinfo)

2. rTLD’s (Top Level Domain terbatas) seperti Biz dan. AS. mengizinkan orang yang memenuhi kriteria tertentu untuk mendaftarkan nama domain, seperti situs Bisnis terkait untuk. Biz.

3. ccTLD’s (kode negara Top Level Domain) seperti. di (India) secara individu ditugaskan untuk negara dan dependensi. Setiap negara menentukan kriteria pendaftaran khusus.
seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb)

Setiap Registry TLD – generik, dibatasi, kode negara – memiliki harga sendiri, kebijakan, dan prosedur dari Pendaftar ditentukan juga..

4.    PENGERTIAN THREE WAY HANDSHAKE DALAM JARINGAN
The TCP three-way handshake di Transmission Control Protocol (juga disebut pesan handshake tiga) adalah metode yang digunakan untuk membangun TCP koneksi socket dan meruntuhkan TCP socket koneksi melalui jaringan. tiga cara teknik handshaking TCP disebut sebagai 3-way handshake atau sebagai "SYN-SYN-ACK" (atau lebih akurat SYN, SYN-ACK, ACK). The TCP mekanisme handshaking dirancang sedemikian rupa sehingga dua komputer mencoba untuk berkomunikasi dapat menegosiasikan parameter jaringan TCP koneksi soket sebelum memulai komunikasi. Ini tiga cara proses handshaking juga dirancang sedemikian rupa sehingga kedua ujungnya dapat menginisiasi dan bernegosiasi terpisah TCP koneksi soket pada waktu yang sama. Mampu bernegosiasi socket koneksi TCP beberapa di kedua arah pada saat yang sama memungkinkan satu fisik jaringan antarmuka (seperti ethernet ) untuk multiplexed.

5.    YANG DIMAKSUD DENGAN CONNECTION LESS DAN CONNECTION ORIENTED
Connectionless ialah suatu jenis komunikasi antar unit dalam jaringan yang transmisinya dilakukan tanpa pembentukan hubungan terlebih dahulu. Paket dikirmkan ke penerima tanpa memberi tahu penerima dahulu. Metode yang seperti ini memungkinkan paket yang diterima pada sisi penerima tidak dalam urutan yang sesuai.

Connection-oriented membangun koneksi terlebih dahulu ke penerima sebelum data dikirimkan. Hal ini digunakan untuk komunikasi voice seperti telepon, yang mengharuskan koneksi tetap tersambung meskipun pembicaraan tidak dilakukan.

6.    PERBEDAAN UDP DAN TCP
Berbeda dengan TCP, UDP merupakan connectionless dan tidak ada keandalan, windowing, serta fungsi untuk memastikan data diterima dengan benar. Namun, UDP juga menyediakan fungsi yang sama dengan TCP, seperti transfer data dan multiplexing, tetapi ia melakukannya dengan byte tambahan yang lebih sedikit dalam header UDP.
UDP melakukan multiplexing UDP menggunakan cara yang sama seperti TCP. Satu-satunya perbedaan adalah transport protocol yang digunakan, yaitu UDP. Suatu aplikasi dapat membuka nomor port yang sama pada satu host, tetapi satu menggunakan TCP dan yang satu lagi menggunakan UDP—hal ini tidak biasa, tetapi diperbolehkan. Jika suatu layanan mendukung TCP dan UDP, ia menggunakan nilai yang sama untuk nomor port TCP dan UDP.
UDP mempunyai keuntungan dibandingkan TCP dengan tidak menggunakan field sequence dan acknowledgement. Keuntungan UDP yang paling jelas dari TCP adalah byte tambahan yang lebih sedikit. Di samping itu, UDP tidak perlu menunggu penerimaan atau menyimpan data dalam memory sampai data tersebut diterima. Ini berarti, aplikasi UDP tidak diperlambat oleh proses penerimaan dan memory dapat dibebaskan lebih cepat. Pada tabel, Anda dapat melihat fungsi yang dilakukan (atau tidak dilakukan) oleh UDP atau TCP.
jadi UDP sifatnya tidak realibel, tetapi UDP adalah
lebih cepat dari pada TCP karena tidak membutuhkan koneksi langsung.

7.    GAMBAR DAN JELASKAN PROSES PENGIRIMAN SEBUAH EMAIL
Protocol SMTP client akan mengirim ke SMTP server tujuan, baik secara langsung maupun melalui melalui beberapa SMTP server dijalurnya. Apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan dimasukkan ke dalam queue dan di akan resend kembali setiap jangka waktu yang kontinyu, misalnya akan di resend setiap 15 menit. Apabila dalam beberapa hari tidak ada kondisinya tidak berubah, biasanya dalam jangka waktu 5 hari, maka akan ada pemberitahuan undeliver notice ke inbox pengirim.
 
Gambar : proses pengiriman dan penerimaan email
Apabila email sudah terkirim, maka email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server.  Kemudian si penerima dapat mengakses email masuk pada servernya. Apabila menggunakan POP3 server, jika kita hendak membaca email, maka email pada server akan di download sehingga email hanya akan ada pada alat elektronik yang mendownload email tersebut, dengan kata lain kita hanya bisa membaca email tersebut pada device yang mendownload email tersebut. Berbeda IMAP server yang mempertahankan email pada server sehingga email dapat dibuka kembali lewat device yang berbeda.














0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger